Cari Blog Ini

Rabu, 26 April 2017

Cara Mencegah Karat Pada Blok Mesin Dan Komponen Sistem Pendingin - SUARA MESIN.COM

Setelah kita mengetahui faktor-faktor yang bisa menimbulkan karat dalam air tanah ,maka kita bisa melakukan usaha-usaha pengendalian terhadap karat  dalam air pada blok mesin dan pada sistem pendingin mesin. Adapun usaha-usaha yang dapat kita lakukan adalah sebagai berikut:

a.       Menghilangkan Oksigen
Usaha ini dimaksudkan agar air tidak mengandung zat-zat yang dapat mengoksidasi besi dalam suasana asam. Oleh karena itu, disamping kita melakukan penghilangan oksigen, juga perlu dilakukan penetralan . Adapun cara untuk menghilangkan oksigen dari dalam air ada bermacam-macam,yaitu:Menggunakan oxygen scavenger (penangkap oksigen) seperti hydrazine (N2H4) Pembubuhan Na2SO3 sehingga akan terbentuk Na2SO4 pada temperatur tinggi. Dengan pemanasan hingga O2 semuanya keluar.
b.      Pembubuhan
InhibitorInhibitor akan menghambat laju korosi bila kita masukkan dalam air karena membentuk lapisan protektif atau pelindung Inhibitor katodis akan membentuk lapisan hidroksida yang sukar larut. Sedangkan inhibitor anodis akan membentuk anion yang dengan ion logamdapat membentuk persenyawaan yang sukar larut. Dalam Praktiknya, inhibitor yang sering ditambahkan adalah: Alkali (inhibitor katodis) Biasanya dibubuhkan NaOH yang dapat membentuk hidroksida yang sukar larut dan dapat menetralkan lingkungan asam.
c.       Persenyawaan kromat atau bikromat (inhibitor anaodis )
 Senyawa kromat yang sering dibubuhkan adalah Na2CrO4 a, Fosfat (Na3PO4) Na3PO4 dapa terionisasi menjadi PO42- dimana dengan ion Fe3+ yang ada dalam ir akan membentuk garam Fe2(PO4)3 yang merupkan lapisan tipis tetpi merupakan pelindung terhadap terjadinya karat.
d.      Silikat
Biasanya natrium silikat (Na2SiO3) yang jika bereraksi dengan besi dapat membentuk besi silikat yang merupakan lapisan yang sukar larut dan pelindung dari korosi.
e.       Menghilangkan asam Karbonat agresif
Adapun cara-cara untuk menghilangkan asam karbonat adalah sebagai berikut:
Dengan aerasi,mencampurkan air dengan udara sehimgga menurunkan kadar CO2 dalam air dicampur dengan kapur tohor (CaO), CaO dengan air dapat membentuk Ca(OH)2 sesuai dengan persamaan reaksi berikut:
CaO + H2O ® Ca(OH) 2Ca(OH) 2 +H2CO3 ® Ca(HCO3)2 +2H2O
Jadi asam karbonat dijadikan garam bikarbonat yang bila kena panas akan menjadi CaCO3.  Kemudian CaCO3 akan bereaksi dengan CO2 dalam air membentuk garam bikarbonat . Jadi CO2  yang agresif diubah menjadi garam bikarbonat yang tidak agresif.
Air tanah mengandung beberapa zat dalamjumlah yang bervariasi terdiri dari CO32-, HCO3-, Cl- , SO42- dan SiO2 dan kation Ca2+ , Na+, K+, dan sedikit sekali Mg2+dan Al3+. Pada temperatur tinggi zat-zat tersebut akan membentuk endapan padas dinding logam yang panas. Endapan yang utama adalah CaCO3 dan CaSO4 dan didapat juga NaSO4.

selain beberapa faktor diatas ada juga cara yang dapat mencegah terjadinya karat pada sistem pending seperti menggunakan cairan radiator coolant, caiaran ini adalah larutan kimia cair yang dibuat khusus sebagai zat pendingin untuk mencegah terjadinya panas yang berlebihan dan pembekuan pada sistim pendingin.  Yang mengandung inhibitor khusus yang dapat mencegah terjadinya kerak, karat dan korosif yang selalu menjadi promblem pada sistem pendinginan, karena dapat menyumbat saluran pada engine block dan radiator yang mengakibatkan mesin rusak dan mengurangi daya kerja sistem pendingin. Radiator coolant adalah formula khusus yang memberikan ‘KESEMPURNAAN” sirkulasi pendingin, jadi blok mesin dan sistem pendingin tidak cepat rusak dan bisa bekerja dengan optimal sehingga para penguna mobil tidak khawatir dengan overheat, dan bisa mengirit pengeluaran.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *