Cari Blog Ini

Minggu, 23 April 2017

APA ITU A / T ?

Apabila pengemudi mengendarai kendaraan yang menggunakan transmisi manual, untuk memindahkan kecepatan dan moment maka shift lever digunakan untuk memindah-mindahkan percepatan putaran maupun moment yang sesuai dengan kebutuhan. Untuk dapat memindahkan gigi percepatan dengan tepat, kalau tidak maka justru akan mengakibatkan menurunnya tenaga kendaraan tersebut.Dengan menggunakan Transmisi Automatis, maka perhatian pengemudi untuk hal tersebut tidak diperlukan lagi, karena perpindahan gigi transmisi dilakukan secara automatis pada saat yang tepat sesuai dengan kondisi mesin dan kecepatan kendaraan.

setiap teknologi selalu memiliki keungulan yang dapat menyempurnakan teknologi sebelumnya, sama halnya dengan teknologi transmisi A/T ini. teknologi yang juga di pakai oleh kendaraan dari produsen toyota pada kendaraannya kijang inova memiliki keunggulan lebih jika di bandingkan dengan teknologi transmisi manual sebelumnya. berikut ini keuntungan teknologi transmisi otomatis;
KEUNTUNGAN  A/T
Dibandingkan transmisi manual, transmisi automatis mem-punyai keuntungan yaitu :
1.Mengurangi kelelahan dalam mengemudi
    dengan menggunakan teknologi transmisi otomatis pada kendaraan , akan dapat meningkatkan kenyamanan oleh pengemudi dalam pengendara , keuntungan bukan dalam segi kehalusan dalam pemindahan gigi percepatan namun juga kenyamanan dalam perjalanan. pengemudi dengan mobil A/T akan lebih mudah megoperasikan kendaraannya. selain itu dengan teknologi ini juga akan mengurangi tanaga yang di keluarkan untuk mengemudi. 

2.Perpindahan gigi percepatan lembut
perpindahan yang dihasilkan oleh transmisi otomatis lebih lembut jika di bandingkan dengan teknologi transmisi manual, karena transmisi automatis di lengkapi dengan perpindahan power melalui fluida yang terdapat dalam torque converter. 

3.Menghindari beban mesin berlebihan saat perpindaha gigi percepatan
perpindahan gigi percepatan dengan sistem otomatis dapat emngurangi beban pada kendaraan. teknologi ini akan membuat juga konsumsi bahan bakar lebih hemat, dan efektifitas kerja mesin jugalebih tinggi. 


Macam Transmisi Automatis

Transmisi automatis terdiri dari beberapa macam, teknologi yang di kembangkan oleh setiap perusahaan berbeda namun memiliki prinsip kerja yang sama, berikut ini adalah macam-macam transmisi otomatis. Transmisi Atomatis dapat dibedakan dalam 2 jenis yaitu :

1. Tranmisi AT yang sepenuhnya diatur dengan hydraulic
2. Transmisi AT yang perpindahannya diatur oleh elektronik ( ECT )

Transmisi Automatis pada dasarnya dapat dibagi dalam 2 jenis, yaitu :
- Yang digunakan untuk kendaraan FF
- Yang dgunakan untuk kendaraan FR  
- Transmisi u/kendaraan FF dirancang lebih kecil dibading untuk kendaraan FR
- Transmisi untuk kendaraan FF disebut Transaxle

konstruksi antara transmisi otomatis dan manual juga sangat berbeda, transmisi memiliki beberapa komponen yang dapat membedakannya dengan transmisi manual. 
Transmisi AT terdiri beberapa komponen utama yaitu :

Torque Converter

2.   Planetary Gear Unit

3.   Hydraulic Control System

Torque Converter, dipasangkan pada sisi input transmisi dan diikat dengan baut pada bagian belakang poros engkol mesin melalui drive plate dan didalamnya diisi dengan minyak transmisi AT.

Fungsi Torque Converter:
- Memperbesar moment dari mesin
- Sebagai kopling otomatis/Fluida
- Meredam getaran saat perpindahan gigi
- Sebagai roda penerus/ Flywheel
- Menggerakkan pompa oli dari hydraulic Control System

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *